Selasa, 22 Januari 2013

Libur (mungkin) Tlah Tibaaaaaa.. :D

Haaaaiiiiii haaaaaiiiiiiii
uhuhuhu long time no see yaakkkk..
Setelah pertarungan panjang hampir 1 semester alhamdulillah akhirnya Riset Tugas Akhir saya selesai.. =))
Untuk pertama kalinya saya maju sidang..Rasanya???
Wuih jangan ditanya...nervous, nredeg, setengah mati..
Apalagi jadwal sidangnya baru keluar jam 6 pagi dan sidangnya mulai jam 1 siang..
Yak super sekali bukan..presentasi belum kelar, laporan belum kelar, semua2 belum kelar...kyaaaaa 
Heboh ya bok heboh sekali..
Sebenernya di jadwalnya sih saya maju sekitar jam 3 sore, tapi baru maju jam setengah 6an... 
Kegalauan yang terjadi sebelum perang sidang

Alhamdulillah walaupun di kritik sana-sini sidang saya (lumayan) lancar..=))

Sidang ini adalah sidang pertama yang saya lalui sepanjang perjalan Tugas Akhir saya..
Jadi sekedar cerita aja ye..kalo di jurusan saya buat bisa lulus dan meraih gelar sarjana kita bakalan melalui 4 kali sidang, atau biasa disebut 'Kolokium' di jurusan saya.

Di semester 7 kita melakukan yang namanya Riset Tugas Akhir, yang baru saya lalui kemarin. Ditahap ini kita dituntut untuk melakukan riset atau penelitian terhadap judul tugas akhir yang akan kita ambil nanti. Judul tersebut haruslah layak dan dapat diproduksi massal. Mengingat kita adalah jurusan desain produk industri. Jadi semua produk/desain yang buat haruslah mampu diproduksi massal dan dapat bersaing di pasaran.
Di sidang pertama atau kolokium 1 yang saya lalui kemarin, judul kita dinilai kelayakannya, di jabarkan teori2 dan studi apa yang akan dilakukan dalam mewujudkan judul tersebut menjadi sebuah benda nyata/ barang jadi.

Setelah judul kita dianggap layak dan dinyatakan lulus kolokium 1 kita bisa lanjut ke kolokium 2 di semester 8. Di kolokium 2 ini hasil desain kita mulai tampak. Bukan lagi sekedar rencana, tapi sudah menjadi beberapa alternatif desain dan model. Setelah kolokium 2 dinyatakan lulus dan desain final kita terpilih, kita mulai melakukan pembuatan prototype atau mock-up atau model dari hasil final desain kita dan hasil tersebut akan di pamerkan di Kolokium 3.
Nah, setelah kolokium 3 inilah sidang akhir dilakukan. Sidang akhir atau kolokium 4 biasanya dilaksanakan 1 minggu setelah kolokium 3.
Wajah - wajah lega setelah sidang..=))
*yes..saya satu2nya cewek dari angkatan saya di ruangan itu..teman2 cewek saya lainnya ada di ruang sidang sebelah

Yak okeh..jadi kira2 begitulah tahapan yang harus saya dan teman2 seperjuangan saya lalui untuk benar2 lulus dan menjadi sarjana. Jadi kalo dihitung2 saya masih kurang melalui 3 tahapan lagi...
Bismillah yaa...semoga insyaallah semua itu bisa saya dan teman-teman saya lalui dengan lancar..>,<b
amiiiiinnnnn.....
Hasil revisi sidang sudah dikumpulkan kemarin..
It's meaaaaaaannnn untuk 2 minggu ke depan saya LIBUUUUUURRRR... =D
YEAY!!!
Meskipun cuma sebentar dan harus tetep memikirkan kelanjutan tugas akhir saya, seenggaknya selama 2 minggu ke depan gad deadline2 yang bikin saya gila..hehehehehe

Semoga di post selanjutnya saya bisa share hasil 'bikin2' saya yak..=))
setelah hampir 1 bulan puasa 'bikin2' dulu buat ngurusin kuliah...
Sekian cerita saya hari ini...Semoga menginspirasi..
With Love,
Mita =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar